Langsung ke konten utama

Pengertian Graphics Dan Contohnya

 

Pengertian Graphics Dan Contohnya

Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan,  manipulasi gambar (visual) secara digital. Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 pada tahun William Fetter,dimulai dari model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik. Kemudian pada tahun 1961 oleh Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi grafik komputer, serta pada tahun-tahun berikutnya grafik komputer mengalami banyak perkembangan yang sangat signifikan sehingga mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer juga disebut dengan visualisasi data. Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.
ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi
Contoh aplikasi dari penerapan grafik komputer dalam kehidupan sehari- hari yaitu:

Computer Art
Contoh Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

Video Game
Contoh di Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi dimulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile

Pada bidang perancangan
Pada bidang ini dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya. 

Bidang hiburan
Ya seperti yang kita ketahui Grafika citra memiliki peran yang besar di bidang hiburan seperti Film yang mampu memberikan kita animasi yang tampak lebih nyata seperti Transformers dan serial-serial dari Marvel

Bidang pendidikan
Di dunia pendidikan pun grafika komputer juga di butuhkan dalam penyampaian materi dan mempresentasikan benda kepada siswa secara nyata seperti power point dan software lainnya.

Berikut Ini adalah contoh dari kegiatan Grafik Komputer :

1. Pemodelan geometris 

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D.


2.Animasi 
Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa contoh bentuk animasi 2D Misalnya :Detective Conan, Doraemon, Tintin dsb. Sedangkan contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya : Finding Nemo, Wall E, Ratatouille dsb. Contoh sotfware Untuk membuat 2D seperti Macromedia Flash, , Corel R.A.V.E., After Effects dsb,s edangkan  animasi 3D maka dapat menggunakan Maya, 3D Studio Max dsb.

3. Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan contoh web programing

  Pengertian dan contoh web programing Apakah yang dimaksud Web Programming? Web Programming adalah adalah proses menulis, mencoba, memeriksa dan memperbaiki (debug), serta memelihara kode untuk membuat sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau proses sesuai dengan keinginan si pemrogram ( Sumber : wikipedia ). Jadi Secara singkat untuk Web programming adalah proses pembuatan program yang outputnya disajikan oleh Web Browser. Di sini belum akan di jelaskan web programming secara detail dimada ada program berupa server side ataupun client side. Untuk lebih jelas jenis-jenis dan perkembangan dari Web programming hal ini bisa dibaca pada web development.Dan bahasa yang digunakan adalah bahasa HTML. Secara umum pemrograman web dapat dibagi 2, yaitu: client side scripting dan server side scripting. perbedaan dari kedua jenis script in...

Apa Contoh Penerapan Artificial Intelligence yang populer saat ini? Yuk Simak Selengkapnya...

  Contoh Penerapan Artificial Intelligence Yang Populer Saat Ini Contoh Penerapan Artificial Intelligence Yang Populer Saat Ini — Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah cabang ilmu komputer yang menekankan pengembangan intelijen mesin, pola berpikir dan bekerja seperti manusia. Misalnya, pengenalan suara, pemecahan masalah, pembelajaran, dan perencanaan. Hari ini, Artificial Intelligence (AI) adalah bahan diskusi yang sangat populer yang banyak dibahas di kalangan teknologi dan bisnis. Banyak ahli dan analisis industri berpendapat bahwa AI atau kecerdasan buatan adalah masa depan — tetapi jika kita melihat sekeliling, kita yakin bahwa itu bukan masa depan — itu adalah masa kini. Dengan kemajuan teknologi, kita sudah terhubung dengan AI dalam satu atau lain cara — apakah itu Siri, Watson atau Alexa. Ya, teknologi ini sedang dalam tahap awal dan semakin banyak perusahaan yang menginvestasikan sumber daya dalam penelitian mesin, menunjukkan pertumbuha...

Sejak Kapan Masyarakat Indonesia Nikmati Internet? ini sejarahnya

  Sejak Kapan Masyarakat Indonesia Nikmati Internet?   JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Perkembangan teknologi informasi bergerak begitu cepat. Dunia seolah makin kecil, karena semua yang terjadi di belahan dunia manapun bisa terpantau berkat kecanggihan teknologi informasi. Indonesia termasuk yang tidak bisa dilepas dari kemajuan teknologi informasi tersebut, khususnya dunia internet. Lalu sejak kapan masyarakat Indonesia menikmati layanan jaringan internet yang mengenalkan dunia maya tersebut? Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, di mana semangat kerja sama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Inte...