Pengertian Graphics Dan Contohnya
Grafik
Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan
pembuatan, penyimpanan, manipulasi gambar (visual) secara digital.
Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 pada tahun William
Fetter,dimulai dari model animasi dengan menampilkan simulasi efek
fisik. Kemudian pada tahun 1961 oleh Edward Zajac menyajikan suatu model
simulasi satelit dengan menggunakan teknologi grafik komputer, serta
pada tahun-tahun berikutnya grafik komputer mengalami banyak
perkembangan yang sangat signifikan sehingga mempermudah manusia dalam
melakukan kegiatan sehari-hari.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer juga disebut dengan visualisasi data. Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.
ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer juga disebut dengan visualisasi data. Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.
ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
- Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Computer Art
Contoh Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Video Game
Contoh
di Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user
interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi dimulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti
tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak,
seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang standalone hingga
online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
Pada bidang perancangan
Pada bidang ini dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Pada bidang ini dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Bidang hiburan
Ya seperti yang kita ketahui Grafika citra memiliki peran yang besar di bidang hiburan seperti Film yang mampu memberikan kita animasi yang tampak lebih nyata seperti Transformers dan serial-serial dari Marvel
Ya seperti yang kita ketahui Grafika citra memiliki peran yang besar di bidang hiburan seperti Film yang mampu memberikan kita animasi yang tampak lebih nyata seperti Transformers dan serial-serial dari Marvel
Bidang pendidikan
Di dunia pendidikan pun grafika komputer juga di butuhkan dalam penyampaian materi dan mempresentasikan benda kepada siswa secara nyata seperti power point dan software lainnya.
Di dunia pendidikan pun grafika komputer juga di butuhkan dalam penyampaian materi dan mempresentasikan benda kepada siswa secara nyata seperti power point dan software lainnya.
Berikut Ini adalah contoh dari kegiatan Grafik Komputer :
1. Pemodelan geometris
Pemodelan
geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi
geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi
matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut
kebanyakan 2D atau 3D.
2.Animasi
Animasi
komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan
computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana,
sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan
Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari
sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan
animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan
kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa
contoh bentuk animasi 2D Misalnya :Detective Conan, Doraemon, Tintin
dsb. Sedangkan contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya :
Finding Nemo, Wall E, Ratatouille dsb. Contoh sotfware Untuk membuat 2D
seperti Macromedia Flash, , Corel R.A.V.E., After Effects dsb,s
edangkan animasi 3D maka dapat menggunakan Maya, 3D Studio Max dsb.
3. Rendering
Rendering
adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi
komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam
proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter
tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output
Komentar
Posting Komentar